Pages

Minggu, 06 Mei 2012

MENUMBUHKAN MINAT BACA



CARA MENUMBUHKAN MINAT BACA


Membaca adalah salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan waktu. Agar bertambah besar minat membaca kita, maka harus diperhatikan hal-hal berikut ini :

A. Konsentrasi saat membaca
Muslim yang ingin membaca suatu buku tertentu, maka ia harus memusatkan pikiran dan kedua pandangannya tertuju pada halaman yang dihadapinya. Mengosongkan hati dari berbagai hal yang dapat mengganggu ketika hendak menerima ilmu. Sebagaimana dikatakan Syaikhul Islam, Ibnu Taimiyah : " Begitulah, orang yang melihat sesuatu tanpa hati atau mendengar kalimat2 para ulama tanpa hati, ia tidak akan mendapatkan apa-apa, sebab pusat segala perkara berada di hati. Disinilah tampak rahasia dari firman Allah :

" Apakah mereka tidak berjalan di muka  bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu ia dapat memahami ..." (QS.Al-Hajj : 46)

Inilah cara pertama bahkan yang terpenting di dalam menumbuhkan minat baca, yakni membaca dengan penuh konsentrasi dan memahami apa yang sedang dibaca.


B. Pengamalan terhadap apa yang dibaca
Mengamalkan apa yang telah dibaca adalah satu cara untuk mengokohkan ilmu di dalam hati dan akal, sekaligus menjadi pendorong untuk mencinntai ilmu. Ibnu Qayyim berkata : "Beramal adalah hasil dari benih ilmu. Maka apabila keduanya berkumpul, maka akan menghasilkan kebahagiaan dan apabila berpisah yang satu dengan yang lain, maka tidak memberikan sesuatupun hasil ".

Karenanya, kita harus menterjemahkan apa yang telah kita baca ke dalam realita kehidupan, sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi SAW, dimana Al-Quran adalah akhlak beliau.

C. Membaca materi yang disukai secara bertahap, sedikit demi sedikit dalam menuntut ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar